Jenis – jenis Printer & Fungsinya

Jenis – jenis Printer & Fungsinya

Printer berfungsi untuk mencetak dokumen atau foto yang kini banyak digunakan baik oleh perusahaan, sekolah dan juga usaha percetakan. Fungsinya yang dapat mengubah teks dan dokumen grafis dari bentuk digital ke bentul fisik ini dimanfaatkan pelaku usaha terutama percetakan dan fotocopy.

Untuk saat ini, teknologi printer sudah berkembang pesat. Mulai dari yang awalnya hanya untuk mencetak dokumen dan foto saja, kini juga sudah ada yang bisa scan dan copy. Namun tahukah ternyata printer ini memiliki beberapa jenis dengan cara kerja yang berbeda.

Tidak hanya itu, ternyata beberapa jenis komputer ini juga memiliki fungsi yang berbeda pula. Oleh karena itu, anda harus bisa mengenali jenis printer agar tidak salah dalam membelinya.

1.Printer Inkjet

Printer jenis ini yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Printer Inkjet ini menyemprotkan tinta ke atas kertas dan membentuk gambar. Untuk tinta yang pergunakan sendiri tersimpan di dalam cartridge tinta. Kelebihan dari printer yang satu ini adalah sangat mendukung saat dipergunakan untuk multimedia. Hal tersebut dikarenakan printer inkjet ini memiliki kualitas grafis yang sangat baik.

 

 

2. Printer Laserjet

printer yang satu ini menggunakan laser dalam proses percetakannya.

Penggunaannya sendiri dilakukan dengan laser disinarkan pada alat seperti drum untuk membuat pola gambar yang akan dicetak. Untuk kelebihannya sendiri, printer laser ini memiliki proses cetak yang lebih cepat dibandingkan printer inkjet dengan hasil berkualitas tinggi.

 

3. Printer LED/LCD

Printer LED/LCD menjadi salah satu printer yang akan kita ulas selanjutn Miliki perbedaan LED/LCD ini menggunakan light-emitting diode.

Printer ini bisa menghasilkan kualitas cetak yang baik untuk teks maupun dokumen.ya. Memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan printer laser, namun mem

 

 

4. Printer Dot Matrix

Jenis selanjutnya yaitu printer dot matrix. Printer yang satu ini menggunakan pita dan set pin yang tersusun rapat untuk mencetak huruf serta karakter lainnya.

Cara kerja printer yang satu ini mirip dengan mesin tik dan memiliki kecepatan cetak 50 sampai 500 karakter per detik.

 

 

5. Printer Solid Ink

Printer solid ink menggunakan tinta yang sudah dililinkan.

Cara kerjanya sendiri adalah dengan melelehkan tinta kemudian ditampung dalam sebuah tempat dan selanjutnya dipindahkan ke sejenis drum dan akan mendinginkan tinta tersebut sebelum mencetak ke media kertas.

 

 

6. Printer Thermal


Printer Thermal adalah printer yang biasanya digunakan untuk kasir perbelanjaan ataupun mesin fax. Printer thermal ini bekerja dengan mengambil gulungan kertas yang kemudia berubah gelap ketika dipanaskan.

Untuk mekanisme cetaknya sendiri adalah dengan menarik kertas yang bersebelahan dengan kepala cetak yang berisi pemanas elektronik yang canggih , dan mampu memproduksi teks dan grafik sederhana pada kertas. Printer thermal tidak memerlukan tinta, toner, atau perlengkapan lainnya, sehingga mudah digunakan dan memeliharanya.

 

 

7. Printer All In One (Multifungsi)


Printer jenis yang terakhir yaitu Printer All In One atau Multifungsi. Printer yang satu ini menggambarkan jenis

perangkat yang serbaguna, dalam artian tidak hanya digunakan untuk alat mencetak dokumen saja akan tetapi juga bisa untuk scanner, fax, telephone dan lainnya.

 

 

 

Demikianlah informasi mengenai berbagai macam jenis printer. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda yang sedang mencari printer agar tidak salah dalam memilihnya.

 

(Sumber : www.promediacom.id)

Hover Box Element

Hover Box Element

Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


WhatsApp WhatsApp Us Now!