Ini Dia Alasan Utama Mengapa Mesin Fotocopy Cepat Panas

Ini Dia Alasan Utama Mengapa Mesin Fotocopy Cepat Panas

Mesin fotocopy memang menjadi salah satu perlengkapan kantor yang penting. Namun, mesin fotocopy sering mengalami overheat dengan cepat tanpa alasan yang jelas. Hal ini tentu saja mengkhawatirkan karena membuat mesin fotocopy akan lambat bekerja. Untuk mengatasi mesin fotocopy yang overheating dengan cepat, Anda harus mengetahui dulu alasan kenapa mesin fotocopy cepat panas. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mesin DiLetakan di Tempat yang Sempit

Mesin Fotocopy ini cukup besar jika dibandingkan dengan peralatan dan perlengkapan kantor lainnya. Itu sebabnya mesin fotocopy sering diletakkan di pojok ruangan yang sempit atau bersebelahan dengan kabel komputer untuk menghemat tempat. Namun, hal seperti ini bisa membuat mesin fotocopy cepat panas.

Bagaimana bisa? Setiap mesin fotocopy dihidupkan dan digunakan, mesin akan mengeluarkan panas. Jika mesin fotocopy diletakkan di tempat yang sempit, udara panas dari mesin akan terperangkap di dalam mesin dan membuat mesin fotocopy cepat panas. Karena itu, sangat disarankan untuk tidak meletakkan mesin fotokopi di sudut ruangan. Maka sebaiknya ruangan tempat mesin fotokopi berada memiliki ventilasi udara yang memadai dan dilengkapi dengan AC.

Mesin fotokopi yang cepat panas tidak hanya berdampak pada performa mesin, tapi juga pada kesehatan penggunanya. Beberapa mesin fotokopi memiliki tabung (drum mesin fotokopi) yang dilapisi selenium. Jika mesin fotokopi terus menjadi terlalu panas, dapat merusak lapisan selenium. Paparan selenium dapat menyebabkan gejala seperti insomnia, penurunan fokus, dan gangguan pernapasan.

2. Umur Mesin Fotocopy

Seperti halnya mesin pada umumnya, kualitas komponen pada mesin tersebut akan semakin menurun seiring berjalannya waktu. Selain itu mesin fotocopy juga memiliki fitur-fitur yang perlu diupdate dari waktu ke waktu. Secara umum, kinerja mesin fotokopi akan menurun sejak satu tahun penggunaan.

Beberapa masalah yang biasanya ditemui antara lain mesin fotokopi cepat panas, mesin fotokopi lambat bekerja, munculnya notifikasi kesalahan, dan lain-lain. Meski begitu, bukan berarti Anda harus mengganti mesin fotokopi setahun sekali! Pada dasarnya mesin fotocopy dapat digunakan hingga 10 tahun. Jadi, jika Anda merasa mesin fotocopy cepat panas, segera hubungi teknisi atau reparasi mesin fotocopy untuk mengupgrade mesinnya.

3. Terlalu Sering Dipakai

Apakah mesin fotokopi cepat panas saat digunakan untuk memfotokopi 600 lembar kertas? Jika ya, kemungkinan mesin fotokopi Anda hanya merasa “lelah”. Tidak ada salahnya menggunakan mesin fotokopi sesering dan sebanyak mungkin karena memang itulah perannya.

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah membiarkan mesin fotokopi kembali ke keadaan semula sebelum digunakan kembali untuk pekerjaan berat. Jika mesin fotocopy digunakan terus menerus dalam jumlah yang terlalu banyak, yang terjadi adalah mesin fotocopy cepat panas dan bekerja lambat. Hubungi teknisi atau reparasi mesin fotokopi jika ada tanda-tanda bahwa mesin fotokopi digunakan secara berlebihan.

4. Jarang Dirawat atau Dibersihkan

Jangan mengabaikan kondisi mesin fotocopy Anda! Penting sekali untuk memelihara kondisi mesin fotocopy Anda agar tetap prima walaupun sudah bertahun-tahun digunakan. Mulailah dari hal-hal yang kecil, seperti membersihkan mesin fotocopy dari debu dengan lap kering. 

Debu dan kotoran yang masuk ke dalam mesin fotocopy lama kelamaan akan menumpuk, sehingga mesin fotocopy cepat panas dan rusak. Bersihkan permukaan luar mesin fotocopy setiap minggu. Jika perlu, Anda pun bisa menyingkirkan debu dalam mesin fotocopy dengan lap kering, namun tetaplah berhati-hati supaya tidak mengganggu komponen yang ada di dalamnya. 

Itu dia beberapa alasan mengapa mesin fotocopy cepat panas. Manakah yang kira-kira menjadi penyebab mesin fotocopy Anda cepat panas? Apabila sudah berkaitan dengan pemakaian dan umur mesin fotocopy, ini tandanya Anda perlu membeli mesin fotocopy baru. 

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


WhatsApp WhatsApp Us